Jumat, 10 Desember 2021

Nonfiksi - Sumpah

Insight dari Al-Qur'an dan artikel


Beberapa waktu yang lalu, sekitar akhir bulan November atau Desember, terdapat ayat yang menyebutkan tentang sumpah dalam konteks membela diri apabila dituduh berzina. Kemudian, beberapa artikel juga pernah terbaca tentang hal ini. Mungkin kebanyakan dari kita saat ini masih sering menggunakan kata “Sumpah?” dalam percakapan sehari-hari. Padahal jika kita memahami maknanya secara komperehensif, pastilah lisan ini patut ditampar.

Mengapa demikian? Kemarin M3 membaca jika sumpah atas nama Allah hanya dianjurkan ketika dalam keadaan mendesak. Contohnya seperti seorang wanita baik-baik yang difitnah berzina, maka bolehlah ia bersumpah atas nama Allah jika dirinya tidak pernah berzina. Kita juga tidak boleh bersumpah atas nama selain Allah, meskipun itu Al-Qur’an atau Rasulullah sekalipun hingga taraf paling rendah hanya dengan kata “sumpah” tanpa embel-embel lainnya.

Salah satu hikmah yang terpikirkan adalah sumpah merupakan perkataan yang berkonsekuensi besar. Jika kita bermudah-mudahan dalam mengucap sumpah, maka masyarakat akan terbiasa dan menganggap diksi (pemilihan kata) tersebut merupakan hal yang biasa. Siapa saja bisa mengatakan “sumpah” terlepas ia bohong atau jujur.

Oleh karena itu, kita dianjurkan tidak menggampangkan sumpah pada hal remeh karena supaya konotasinya menjadikan “sumpah” sebagai stigma. Jatuhnya jadi masa bodoh mau sumpah atau tidak dalam membuktikan kebenaran, toh pikiran telanjur terbiasa oleh hal berat yang diremehkan penggunaannya.

Jadi, yuk kita kurangi hingga hilangkan celetukan “sumpah” ketika menanyakan keseriusan sebuah tutur dari lawan bicara. Mari kita memahami terminologi ([n] peristilahan {tentang kata-kata} atau [n] ilmu mengenai batasan atau definisi istilah) untuk kelengkapan informasi yang memahamkan suatu ilmu agar tidak disalahpahami.

Salam mencintai proses, M3
Bumi Allah, 10 Desember 2021

3 komentar:

  1. Saya dapaat hikmah dari bacaan nonfiksi - sumaph. Dari bacaan tersebut kita paham bahwa sumpah tidak boleh tidak boleh dibuat mainan karena saalah satu hikmah dari kata sumpah adlah berkonsekuasi besar. Jadi mulai hari ini yuk kurangi hingga hilangkan celetukan kata sumpah

    BalasHapus
  2. Kata² yg digunakan bagus tapi gak terlalu paham

    BalasHapus