Jumat, 10 Desember 2021

Nonfiksi - Bahasa

Insight dari Kajian Ngeslow Sesi Aqidah Bacth 1
Mengapa Al-Qur'an diturunkan melalui bahasa?

Mempelajari aqidah adalah sebuah landasan seseorang memahami bagaimana dirinya bisa sampai di sini dan mengapa diturunkannya manusia ke bumi?

Dari sana, kajian ngeslow sesi Aqidah Batch 1, terdapat penjelasan tentang Al-Qur’an di sampaikan melalui apa? Bahasa. Pada tulisan ini tidak akan menjelaskan bagaimana kedetailan bahasa Arab atau tafsir itu sendiri. Belum mumpuni, Bund, buat bahas. Ehehehe.

Intinya sih kita bisa memahami bahasa Qur’an karena paham kaidah bahasanya. Sama halnya dengan kita yang bicara dengan bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahkan bahasa lainnya. Jika tidak kita pahami benar arti atau makna dari sebuah kata, kita akan terjerat oleh penipuan fakta, menyebarkan informasi yang salah, memiliki pemahaman yang tidak benar, dan berbagai keresahan lainnya.

Jadi, seharusnya kita memahami lebih dahulu tatkala ingin berkomunikasi dengan orang lain agar tidak salah pemaknaan saat perbincangan. Apalagi untuk memahami buku panduan kehidupan, yakni Al-Qur’an.

Hati-hati ketika berdiksi. Hati-hati tatkala melisankan informasi. Hati-hati memahami sebuah kata. Karena dengan kalimat, peradaban dapat terbangun maupun hancur.

Salam mencintai proses, M3
Bumi Allah, 10 Desember 2021

4 komentar:

  1. Aku sih ya dapat hikmah lah Alhamdulillah sedikit demi sedikit hehehe🗿👳‍♀️

    BalasHapus
  2. Bagus, sekali aku dapat mengerti apa arti Al Qur'an dan artinya dan maknanya

    BalasHapus